Rabu, Oktober 07, 2009

Backpacker......................


Jika kita berbicara tentang pulau2 di indonesia yang bisa dikatakan tepat / cocok untuk tujuan Backpacker, Bali pasti tercantum dalam list tersebut. beberapa waktu yang lalu saya berserta beberapa rekan dari Arkeologi UGM Jogja berkesempatan untuk merasakan jalan2 ke Bali tapi dengan harga murah tentunya. Bermula dari keirian kami terhadap teman, kami putuskan untuk berangkat ke bali setelah Idul fitri kemarin.
berangkat dari jogja pukul 08.00 pagi dengan kereta api Sri Tanjung dengan tujuan Banyuwangi yang berada di wilayah Jawa Timur, perjalanan 16 jam di kereta api ekonomi yang sumpek penuh sesak dengan orang-orang amat sangat membuat kami bosan. akhirnya pukul 00.30 pagi kami sampai di Banyuwangi, senengnya sampai di stasiun Banyuwangi. perjalanan kami masih harus dilanjutkan, hanya punya waktu dikit buat mengistirahatkan badan yang mulai pegal-pegal. kami melanjutkan perjalanan ke Bali dengan menggunakan Kapal, jarak pelabuhan Ketapang dengan Stasiun Banyuwangi tidak begitu jauh, butuh waktu 5 menit perjalanan dengan berjalan kaki. setelah membeli tiket penyebrangan perjalanan kami lanjutkan. 30 menit waktu yang diperlukan untuk sampai ke Pelabuhan Gilimanuk Bali. sesampainya di pelabuhan Gilimanuk kami harus menghadapi pemeriksaan dari kepolisian Bali, hal ini untuk mengantisipasi terjadinya terorisme yang pernah mengguncang bali beberapa tahun yang lalu. perjalanan kami pun berlanjut setelah melewati pos pemeriksaan, kami lanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus antar kota, jarak antara pelabuhan Gilimanuk dan Denpasar cukup jauh perlu waktu 4 jam untuk sampai di terminal. kami putuskan untuk beristirahat sebentar, karena tujuan kami adalah Kuta, maka perjalanan kami lanjutkan dengan bus antar kota, untuk sampai ke Kuta kami harus oper bus sampai 2 kali.
hal yang kami lakukan untuk pertamakalinya di kuta adalah mencari penginapan, sepanjang daerah kuta penginapan yang paling terkenal murahnya di kuta adalah daerah yang bernama Jl. Poppies I dan II, kebetulan penginapan kami berada di Jl. poppies II, sayangnya di penginapan kami pelayanannya kurang baik itupun dirasakan salah seorang turis berkebangsaan Jepang yang sempat berbincang saat sarapan pagi bersama kami. sore kami slalu dihabiskan dengan sebotol beer di pinggir pantai sambil melihat laut lepas, cukup menyenangkan. Legian tidak pernah sepi di malam hari, slalu ada aktivitas yang meramaikan suasana, jalan yang tertata dan terlihat bersih memanjakan kami untuk berlama2 duduk di monumen ground zero, tempat terjadinya bom bali 2.
kami tidak sempat mampir ke daerah lai di bali, sulitnya transportasi saya rasa itu karena kami turis lokal jadi agak di pandang remeh disana, atau karena dandanan kami yang seperti kere namanya juga backpacker. ada satu tempat menarik yang harus teman2 kunjungi di bali, kalo teman2 berada di terminal denpasar cobalah untuk mampir ke sebuah warung di sebrang jalan, cari sebuah gang kecil. disana ada warung dengan nama masakan jawa khas Jember, seorang ibu dan bapak tua yang ramah akan menyambut kalian, coba minta menu makanan ikan kakap atau tuna pedas. porsi makanan yang jumbo dan harga yang bisa terbilang murah pasti akan menyenangkan backpacker seperti kami. jadi kangen, ibu tambah kakapnya dong.... hehehehe.

Warung makan ini Yang Ajib punya boz......
and itu kakap pedas yang super Laziz!!!!







Kalo ada yang mau nyoba Backpacker ke Bali, ini saya lampirkan Rincian dananya
Tiket Kereta Api Sri Tanjung.......................................Rp.35.000,-
Tiket penyebrangan Kapal...........................................Rp. 6000,-
Naek bus ke Terminan Ubung Denpasar...................Rp.30.000,-
Dari terminal Ubung ke terminal tegal.......................Rp. 6000,-
dari terminal tegal ke kuta...........................................Rp. 6000,-
Harga Sewa penginapan /malam untuk 2 orang.......Rp.50.000,-
----------------------------------------------------------------- +
Total biaya Transport dan Penginapan Rp. 133.000,-

Tips buat para Backpacker yang mau jalan2ke Bali
- Bawalah media apapun yang dapat menghibur saat perjalanan, seperti Mp3, buku, majalah,dll. hal ini untuk menghindarkan kebosanan saat perjalanan
- jangan terburu2 dalam memilih penginapan, karena siapa tau ada penginapan yang lebih murah
- Usahakan untuk menawar segala sesuatu yang ditawarkan, biasanya penyedia jasa apapun di Bali memasang tarif untuk Turis asing, jadi semakin jago kalian menawar semakin murah jasa yang akan kalian terima
- sangat tidak dianjurkan mengunakan jasa angkutan Taxi, seperti itu yang dikatakan supir angkot yang kami tumpangi, karena harga jasa angkutan Taxi di bali masih terbilang mahal
- bagi kaum muslim supaya selektif dalam pemilihan makanan, hal ini dikarenakan tradisi masyarakat bali yang mengkonsumsi daging Babi dan Lawar ( darah yang di bekukan)

Selamat mencoba jalan2 dengan harga murah............

2 komentar:

Ramanda Primawan mengatakan...

sekarang sudah naik ya biaya transportnya..beda sama saya kemarin hehe....

Hadmadi Agung Suryono mengatakan...

situ sih gak ngajak kita2..... kapan naek gunung lagi????

Posting Komentar

Powered By Blogger